Selasa, 09 Februari 2010

9 Langkah untuk Sukses di Mutiara Ilmu (Road to Success at SMK Komputer Mutiara Ilmu)

  1. Niat

Tujuan yang baik pasti diawali dengan hal yang baik pula. Karena tujuan kita baik, tentunya kita harus mengawali dengan niat yang baik. Untuk itu berniatlah dengan hal-hal yang baik..

  1. Impian

Impian adalah sesuatu yang benar-benar Anda inginkan baik berupa materi maupun non materi sehingga Anda bersedia untuk bekerja keras untuk mewujudkan. Impian dapat dijadikan motivasi (pemberi semangat) dalam menjalankan usaha Anda dimana dan kapanpun itu.

Daftar Impian / Tujuan / Cita-cita

1. Pintar

2. Terampil komputer

3. Rangking 1

4. Komputer

5. Motor

6. Naik pesawat

7. Ke Jakarta

8. Kerja di Telkomsel

100. Ibadah Haji

  1. Berdo’a

Kesuksesan yang akan teraih bukan hanya karena dorongan diri & orang lain tapi yang paling utama kepada Allah SWT, Tuhan pencipta kita dan seluruh yang ada di dunia ini. Untuk itu tak ada alasan kita menyepelekannya sehingga marilah kita sesuai dengan agama dan kepercayaan kita masing-masing untuk berdo’a memohon perlindungan dan segalanya yang kita inginkan.

“Robbi zidnil’ilman warzuqni fahman“,

Ya Tuhan, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berilah pengertian / pemahaman yang baik.

“Alloohumma alhimnii rusdil wa a’idznil min syarri nafsii”,

Ya Allah, ilhamkanlah kepadaku kecerdasan dan lindungilah / jauhkanlah aku dari kejahatan

  1. Rencana

Buatlah perencanaan (Planning) dalam waktu 3 tahun. Mulailah dengan rencana perbulan diawali dengan rencana bulan 1 sampai 5, selanjutnya tahun 1, 2 & 3.

W a k t u

Rencana Kegiatan

Hasil yang dicapai

Bulan 1

Berkenalan dengan teman sekelas

Kurang

Bulan 2

Berkenalan dengan teman sekolah

Sedang

Bulan 3

Belajar perangkat keras dasar

Baik

Bulan 4

Menganalisis computer

Sangat baik

Bulan 5

………….

………….

Tahun 1

…………………….

…………………….

Tahun 2

…………………..

…………………..

Tahun 3

……………….

……………….

  1. Belajar & bekerja keras juga cerdas

Belajar, memulai dengan membaca sesering mungkin karena dengan membaca pastilah ada yang anda dapatkan, seperti surah yang pertama kali turun dimuka bumi :

“Iqraa… “ Bacalah… Membaca tidak hanya terfokus pada membaca dengan mulut, tapi segala panca indra kita gunakan. Terkhusus dan prioritas saat ini kita membaca dengan mulut karena Anda tidak ada yang cacat fisik, Alhamdulillah.

Bekerjalah dengan keras bukan seperti buruh tapi bekerja sebagai seorang yang intelek dengan kecerdasan. Carikan solusi dengan efektifitas dan efisiensi. 70% kecerdasan, 30% tenaga.

  1. Kerjasama

Di era globalisasi saat ini dan kedepan, kita harus mampu bersaing dengan segala kemampuan yang kita miliki. Menurut para ahli yang harus dibina dan dikembangkan ada 3 untuk mampu bersaing yaitu :




1. Sumber daya alam (fasilitas) yang kita miliki 10 %

2. Sumber daya manusia (kepintaran & kecerdasan) 40%

3. Kerjasama (jaringan) 50%

  1. Konsultasi

- Konsultasikan keadaaan anda baik persoalan pribadi, keluarga maupun pembelajaran di sekolah & di rumah agar tidak mengganggu proses pembelajarandan prestasi anda.

- Konsultasikan kepada orang-orang yang yakini dapat memberikan solusi dan diharapkan kepada orang yang lebih tua, seperti kepada kakak kelas terutama kepada guru.

  1. Tindak lanjut

- Lakukanlah sesuatu dengan kontinyu atau terus menerus jangan berhenti, jalani dan tindak lajuti terus dengan penuh kesabaran kesuksesan pasti akan berpihak kepada kita.

  1. Alat Bantu

- Buku-buku penunjang baik yang khusus komputer maupun yang umum dan dipergunakan dengan baik (dibaca & dipelajari )

- CD – CD belajar untuk aplikasi perkantoran, pemprograman maupun CD program

- Komputer Personal (PC) maupun Notebook.

6 komentar:

  1. Jmpol tanganq hanya 2 n kdua2x tuk pmilik blok ini..^^

    tak pernah lupa..artkel ni prnh d brikan d kls...

    minat baca yg bpk tularkan, sungguh sangat-sangaaaat bermanfaat...

    terima kasih tuk semua motivasi n nasehatx..

    BalasHapus
  2. seperti inilah langkah-langkah para siswa mutiara ilmu dalam meraih kesuksesan.
    menurut saya, langkah-langkah yang paling pertama adalah niat,karena niat yang baik akan berawal dari hal ynag baik dan mendapat hasil yang baik pula sesuai dengan yang tertera pada artikel di atas.

    saya sangat salut kepada Bapak.

    Viorensi, 1 RPL 2

    BalasHapus
  3. thnkz pak tukk motivasii yg bapak berikan kpda kami,,, sya prcya dgn blog ini banyak anag2 yg termotivasi dan mengetahui bahwa tujuan hdupnya hrz di isi dgn hal-hal yg brmanfaaat,,,
    dan menurut sya yg utama seorng ingin mencapai kesuksesan adalah dgn Doa krn prcuma kita berjuang,niat dan melakukan sgla hal tetapi smuanya tdk di kehendaki olah Tuhan smuanya tak akn berhasil. dan apabila kita meminta kepada Tuhan,,, Tuhan pzti akn mndengr doa kta,,
    sklai lagi makasi pak atz motivasi yg di berikan,
    Kezia Imanuela_1 RPL 2

    BalasHapus
  4. ass. wr.wb pak tereimakasi atas motifasi yang bapak berikan, pak mungkin inilah langkah-langkah yang kami harus tempuh untuk meraih sebuah impian dan pak yang ingin saya tambahkan kata-kata auzu karna didalam sebuah niat masih ada setan-setan yang menghasut manusia
    yayang nugraha ramli _1rpl2_

    BalasHapus
  5. aku salut banget buat bapak karena dengan adanya motivasi dan langkah-langkah untuk meraih kesuksesan seperti yang yang bpak tulis,,,
    dapat membantu siswa atau anak-anak khususnya mutiara ilmu untuk mengetahui tujuan hidupnya,,,
    dan menurut saya langkah-langkah yang pertama adalah niat karena meskipun kita berjuang tapi kalau tidak di dasari dengan niat yang baik dan tulus semua akan bernilai sia-sia....

    n sekali lg terimah kasih atas motivasi yang bapak berikan....
    Wiwik Pratiwi Sari_1 RPL 2

    BalasHapus
  6. menrut saya,,,
    blog bapak sangat bagus karena dapat memotivasi kita agar dapat sukses dan menunjukkan sikap-sikap yang baik.dan menurut saya langkah-langkah yang pertama yaitu berdoa karena dengan berdoa kita dapat meraih kesuksesan dengan baik karena dari Allah SWT lah yang menciptakan kita dan menentukan semua takdir baik atau buruk,,,

    terima kasih,,,
    sartika_1 rpl 2

    BalasHapus