Selasa, 09 Februari 2010

Salah Jurusan Bisa Terjerumus

MAU KEMANA SETELAH SMK..... ?

Ada 2 pilhan yaitu Studi Atau Kerja, nah untuk kali ini kita mencoba mengulas dan memberikan Tip Trik mengenai studi dalam hal memilih jurusan, karena bila salah memilih, resikonya adalah kita terjerumus dan menyesal yang tak memungkinkan kita kembali ke masa lalu.

Pilihan siswa yang akan menuju mahasiswa atau yang dikenal dengan nama dunia perkuliahan memilih perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS) adalah hal yang membingungkan. Sampai saat ini para calon mahasiswa terbelah menjadi 2 kutub yaitu : para siswa yang berasal dari SMA/SMK negeri lebih memprioritaskan pilihannya memasuki PTN, sedangkan anak SMA/SMK swasta ternyata memiliki beberapa alternatif pilihan, apakah itu PTN atau PTS.

Bagaimana dengan Anda...?

Sekedar memberikan masukan berupa Tip trik memilih guna keberhasilan dan kesuksesan Anda di hari depan yaitu :

  1. Mencari informasi sebanyak mungkin tentang perguruan tinggi (PT) atau jurusan yang anda inginkan untuk menghindari kebingungan, karena informasi salah satu penentu kemenangan. Karena tak ada yang lebih membahagiakan selain kuliah ditempat yang tepat.
  2. Tersedia berbagai pilihan PT, yaitu : Akademi, Politeknik, Institut, sekolah tinggi atau universitas. Kenalilah karakter jenis PT itu sebaik mungkin. Untuk informasi lebih jelas Anda bisa mendatangi dan meminta penjelasan pada kantor KOPERTIS Wil.IX Sulawesi Jl.Bung, UNHAS Tamalanrea atau PT-PT yang anda minati.
  3. Pahami dengan baik jurusan apa yang cocok dan selaras dengan minat & bakat Anda. Jangan memilih jurusan karena gengsi, karena akan mempengaruhi rencana hidup Anda masa datang. Contohnya : jika Anda ingin memasuki industri/dunia telekomunikasi & komputerisasi lebih baik mengambil jurusan ; teknik informatika, manajemen informatika, multimedia, teknik elektronika.
  4. Jangan keinginan Anda terpaksakan oleh keinginan orang tua atau orang lain, tetapi harus sesuai minat & bakat Anda. Misalnya jangan maksa diri masuk akademi keperawatan/kebidanan hanya karena tuntutan orang tua. Sejumlah survey/penelitian menunjukkan kegagalan mahasiswa menyelesaikan studi tidak berdasarkan minat & bakatnya. Sebaiknya Anda konsultasikan diri ke lembaga psikologi atau orang-orang yang berhasil karena mengawali perkuliahannya dengan minat & bakatnya.
  5. Pilihlah PT yang dapat mengakomodasi minat & bakat Anda, jangan karena gengsi PT tersebut yang sudah terkenal tetapi program/jurusan yang ditawarkan tidaklah bagus untuk minat & bakat Anda. Pilih PT karena karena menawarkan jurusan yang diinginkan.
  6. Akhirnya, tergantung pada diri Anda sendiri, apakah sudah menemukan minat & bakat yang terpendam ”be yourself”. Kalau tidak, maka konsultasikanlah diri anda ke lembaga psikologi atau orang-orang yang berhasil.

Namun perlu diingat, keenam Tip Trik ini bukan hanya sekedar menemukan jurusan yang anda inginkan dan menjadi sarjana, tapi yang lebih penting seperti yang dinyanyikan Iwan Fals jangan ”menjadi sarjana apalagi sarjana muda yang kelelahan mencari kerja”. Tapi mampu menjadi sarjana yang andal, mempunyai cukup ilmu & keahlian sehingga Anda tidak menjadi bagian dari 11 juta pengangguran yang ada di negara tercinta Indonesia. Syukur-syukur justru bisa menciptakan lapangan kerja menjadikan anda wiraswastawan / enterpreneurship yang sukses, Amin

Semoga BERHASIL.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar