Selasa, 09 Februari 2010

S P I R I T (Semangat)

Bagaikan iklan FATIGON Spirit di TV-TV yang dibintangi oleh artis ganteng Primus.

Kita membutuhkan semangat untuk sampai kepuncak, tanpa itu ternampakkan kelesuan tanpa tujuan akhir. Lantas kita harus bagaimana....?

Bagi sebagian orang, spirit tidak sulit diciptakan, terkadang hanya perlu ”dipancing” dengan gorengan di sore hari atau kebersamaan saat lembur sampai pagi. Namun, dibeberapa organisasi tertentu, terasa bahwa spirit ini sulit dikembalikan, walaupun sudah ”diangkat” dan ”ditarik-tarik”.

Organisasi yang penuh birokrasi semacam intansi pemerintah, sering membuahkan karyawan yang terlalu ’berhati-hati’, cari selamat, terlalu berhitung, takut berubah, hanya menunggu ide untuk berubah dari orang lain dan enggan mengeluarkan ide baru. Tidak ada dinamika. Bila kita terjebak dalam situasi organisasi seperti ini, namun secra pribadi memiliki spirit yang kuat, kita tentunya bertanya-tanya. Bukankah spirit itu bersumber dari suasana kerja tim ? Bisakah kita mempertahankan spirit yang segar dari waktu ke waktu ? Bagaimana menyuntikkan spirit kedalam diri sendiri, bahkan sampai mempengaruhi organisasi.

Ingat Umur

Bila kita kehilangan spirit bekerja, ingatlah umur. Bayangkan profesional seperti Martha Tilaar yang berusia 70-an tahun, tetapi memiliki semangat serasa 30 tahun. Beliau masih mengisi kehidupan kariernya dengan hal-hal yang urgensi (penting).

Berap usia kita sekarang ? Masih berapa tahunkah kita harus berproduksi ? Bila saat ini semnagat kita menipis, bagaimana kita akan giat berkarya pada tahun-tahun mendatang ?

Hati-hati dengan ”Menerima Apa Adanya”

Bayangkan sebuah rapat yang ’garing’, tidak bersemangat, dimana peserta rapat tidak mempunyai ide dan pasrah menjalankan kehidupan perusahaan apa adanya hanya sesuai keinginan atasan. Saat seseorang mengemukakan ide, semua pandangan menghujam padanya. Dan si kreatif bisa-bisa kemudian meragukan idenya. Kita lihat bahwa sikap ’menerima apa adanya’ bisa mematikan spirit sehingga perlu kita waspadai dan diperangi.

Pandanglah ke Depan

Bukan hanya entrepreneur seperti Henry Ford (Ford Motor Corp.), Bill Gates (Microsoft Corp.), Larry Page & Sergey Brin (Google) yang mempunyai kemampuan memandang ke depan, kita pun bisa ! Kita pun selalu bias mempunyai obsesi untuk meningkatkan produktifitas kita sebagai individu, kelompok maupun perusahaan. Caranya...? Baca bacaan ”best practices” profesi (biografi) dan perusahaan yang tak terbatas jumlahnya. Dari sini kita bisa menumbuhkan mood untuk maju, mentransfer dan merealisasikan ide & obsesi untuk lebih maju.

Bertanyalah, ”Bagaimana Caranya ?”

Bisnis dan situasi negara kita tercinta INDONESIA sekarang membutuhkan produk baru, cara & metode produksi, pasar, kecepatan, transfer kekuatan dan informasi yang kesemuanya haruslah baru.

Bagaimana mungkin kita tinggal diam dan menunggu ?

Kita bisa mengaktifkan otak & selalu mencari cara baru. Seberapa kecil peranan kita di perusahaan, bantulah untuk memikirkan ”improvement” (perbaikan kemajuan), karena hal ini pasti akan berguna bagi perusahaan, tim & diri Anda sendiri. Selain itu kekuatan spirit Anda akan terasa oleh atasan dan yakinlah kita terbiasa menanggulangi ancaman.

Kembangkan mindset ”memulai” (pola pikir)

Menjadi orang yang pertama maju dalam beberapa situasi akan berdampak pada situasi kita akan mendapatkan apresiasi dari orang lain, dipandang lebih gesit. Bayangkan saja bila kita pertama kali mengucapkan ’halo’ disetiap perjumpaan dengan rekan kerja. Kita akan pasti menebar semangat dan kita bahkan memiliki semngat ekstra sebagai penyerang tak sekedar responsif.

Cintai Teknologi

Pemrosesan data, jaringan internet, telekomunikasi tak bisa dihindari dalam situasi saat ini. Bila kita sedikit berusaha untuk menyukai dan memperdalam teknologi, kita secara tidak langsung terpaksa mengadaptasi derap inovasi dan perubahan dari perkembangan teknologi.

Menjaga agar tetap ber-spirit ibarat menjalankan dinamika kehidupan seorang artis. Seorang artis tidak pernah berhenti memerhatikan, berfikir, mengembangkan ide, bereksperimen, mencari ide baru, antusias, bekerja tak kenal waktu dan berusaha menciptakan sesuatu yang unik dan baru. Tujuannya apa...? untuk jadi idola.

Jadilah orang yang senantiasa hidup dengan spirit.

Hidup akan terasa lebih artistik.

16 komentar:

  1. menurut saya,semua karangan pak irman sangat bagus dan bisa bermanfaat buat saya dan teman-teman sekalian.

    BalasHapus
  2. 1 rpl 2
    muh,rakib ihsan

    menurut saya,karangan bapak sangat bagus karena bisa memberikan semangat kepada saya. saya akan menunggu keluaran kerangan yang terbaru dan memotifasi untuk saya dan orang yang membacanya

    BalasHapus
  3. makasih atas berkenanya tulisan ini, semoga jd motivasi tuk terbitan lainnya

    BalasHapus
  4. bagi saya blog bp sudah bagus tpa jaman skarang kan bnyak anak2 kurangx inginan membaca saya usul berilah gambar dan warna yg serasi / cocok dngan blog bp............
    semoga dngan ini dapat merubah / memperbaiki agar lebih bagus dan agar anak2 tdk mudah bosan membacax......... trims

    BalasHapus
  5. bintang puspita
    1 RPL 2

    menurut saya tulisan bapak tentang spirit (semangat) sangat bagus!!,, karena bapak menjelaskannya dengan sangat terperinci dan sangat jelas serta sangat menarik untuk di baca dan juga mudah dipahani!.

    BalasHapus
  6. made ayu suparni
    1 RPL 2

    menurut saya karangan yang bapak buat sangat bagus... bapak juga menjelaskannya secara terperinci agar teman2 dapat membacanya dan bisa bermanfaat bagi yang membaca.......!!!!!!!!

    BalasHapus
  7. rhma sri resky
    1 RPL 2

    menurut saya:blogspot bapak sudah bagus mudah2 banyak teman2 yang mengomentarinya karna kalau teman2 tidak komentar pasti rugi,pak karna banyak yang bisa saya ambil dari blogspot bapak.munkin cuma itu komentar saya mohon maaf kalau ada kata2 yang tidak enak....(lanjutkan pak)

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Menurut saya blog bapak sangat menarik dan bagus. Karena sangat menyangkut tentang hal-hal yang dapat kita temukan di kehidupan sehari-hari. tapi sebaiknya blog diatas diberikan gambar atau apa saja yang dapat orang tertarik membacanya dan lebih mengerti dengan penjelasan bapak.
    Oh iya, klu bisa usul, pak Irman membuat blog yang menyangkut tentang prestasi Anak2 makassar atau siswa2 Moetil, Jadi ketika orang lain membacanya, pasti akan menggantungkan harapan bahwa saya akan menjadi orang yang seperti ini. BERGUNA BAGI KELURGAKU.Karena semua prestasi harus didasari dengan niat yang baik dan cara penggapaian yang baik pula, Agar dapat menghasilkan generasi2 yang Bermutu(amien...)
    Terima Kasih

    BalasHapus
  10. andi reskina 1rpl 2
    ass.
    menrut saya,blogspot bapak sangat baik,karna dapt memotifasi saya,untuk dapt berfikir seperti yang diloakukan orang jepang,serta car bekerja orang jepang.
    tp blogspot bapak terlalu simple,sebaiknya blogspot bapak ditambahkan warna lebih banyak lg,serta gambar agr yng mengunjungi blogspot bapak lebih tertarik untuk membacanya....

    BalasHapus
  11. Lintank
    1 rpl 2

    Menurut sya tulisan bapak yg berjudul..
    "INGAT UMUR"
    itu sangat saya sukai..
    walaupun kita sudah tua....tapi masih m'punyai semangat yang tinggi...
    pasti s;muax akan berjalan dengan baik..
    apalagi yg masih muda....

    BalasHapus
  12. ahmad roghib
    1 RPL 2

    menurut saya, blogspot Bapak sangat bagus karena dapat memotivasi saya dan orang yang menbacanya agar dapat menjadi yang lebih baik dan bermanfaat untuk bangsa dan bernegara.

    BalasHapus
  13. Muh. ilham
    1 RPL 2

    MENURUT saya, blogspot bapak yang berjudul "ingat umur" sangat bagus karena mengingatkan kita tentang umur yang semakin hari semakin tua tetapi kita masih calleda'.thankz

    BalasHapus
  14. makasih tanggapan & masukannya, semoga sukses n tolong sebarkan virus ini, segera....

    BalasHapus