Senin, 08 Februari 2010

Budaya Mendisiplinkan diri

Budaya Mendisiplinkan diri

Mengutip apa yang disampaikan *Jim Rohn, “Anda tidak perlu berubah drastis untuk menciptakan perubahan besar dalam kehidupan Anda. Tetapi Anda hanya perlu menerapkan sedikit saja kedisiplinan, maka kehidupan Anda akan berubah pada 90 hari mendatang, bukan pada 12 bulan mendatang atau 3 tahun mendatang”.

Sebenarnya apa arti kedisiplinan sehingga memberikan dampak yang begitu besar ?
Kita berpendapat bahwa kedisiplinan adalah sikap mental untuk melakukan hal-hal yang seharusnya pada saat yang tepat dan benar-benar menghargai waktu.

Walau mudah dengan konsep tapi teramat susah diaplikasikan di kehidupan kita. Yang pasti banyak faktor yang dapat mengurangi tingkat kedisiplinan kita. Tetapi bukan berarti kita tidak dapat bersikap disiplin. Sedikit demi sedikit kita dapat melatih diri hingga konsep-konsep kedisiplinan
itu benar-benar membudaya kedalam kehidupan kita.

TIP - TRIK (tindakan) yang memudahkan kita membudayakan kedisiplinan. Bila Anda berhasil melatih diri, yakinlah Anda mencapai kemajuan yang fantastis.

TIP PERTAMA adalah pikirkan apa yang Anda inginkan. Keinginan yang paling memungkinkan Anda wujudkan sebagai target harian yang realistis/masuk akal. Pastikan setiap hari memiliki target.

TIP KEDUA adalah luangkan waktu untuk orang yang anda cintai terkhusus kedua orang tua anda. Tindakan ini bermanfaat memperbaiki hubungan dengan hati serta memenuhi kodrat kita sebagai mahluk yang membutuhkan cinta dan hubungan sosial.

TIP KETIGA adalah melatih diri dengan berolah raga secara rutin yang menjadikan kesehatan kita membaik. “Mensana in corporesano“ didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Bila kondisi kesehatan membaik, maka secara otomatis penampilan kita akan lebih bugar, kepercayaan dan tingkat energi kitapun akan meningkat untuk bertindak cepat dan tepat.

TIP KEEMPAT adalah membiasakan diri hanya mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta menerapkan pola makan yang baik, “4 sehat 5 sempurna”. Bila makanan selalu sehat & bergizi, dapat dipastikan energi & vitalitas kita meningkat untuk mengerjakan tanggung jawab secara tepat dan cepat hingga mencapai hasil yang terbaik.

TIP KELIMA adalah Beribadah kepada Tuhan YME yang merupakan apresiasi terdalam untuk mendapatkan kedamaian hati. Beribadah kepada Tuhan YME merupakan latihan kedisiplinan yang paling utama dalam hidup ini. Kepatuhan untuk melaksanakan rutinitas ibadah sesuai aturan agama akan melatih kedisiplinan, sekaligus memperkaya hati dan jiwa kita dengan kedamaian, percaya diri, kreatifitas dan energi cinta Tuhan Yang Maha Kuasa

Orang-orang yang Sukses adalah
orang-orang yang selalu menerapkan kedisiplinan dalam kehidupan mereka sehari-hari

Bagaimana sebuah bangsa mau berdiri tegak sama terhormatnya dengan bangsa-bangsa lain, jika kondisi kedisiplinannya seperti ini? Siapa yang harus bertanggung jawab atas kemunduran moral bangsa ini? Bukan tanggung jawab si Anu, si Ini atau si Itu, tetapi tanggung jawab kita bersama.

Tidak ada negara yang bisa berdiri tegak tanpa kedisiplinan. Siapa yang tidak kagum dengan kedisiplinan masyarakat Jepang, Korea atau Singapura?
Pertanyaan; Mengapa bangsa Indonesia belum bisa lepas dari krisis, salah satu sebabnya adalah karena kurangnya kedispilinan.

Dalam setiap hal dan bidang yang kita kerjakan, mari teguhkan roh kedisiplinan. Anda, saya, dan kita semua, mari menjadi rantai penegak kedisiplinan demi membangkitkan bangsa Indonesia. Peran kita tidak akan pernah sia-sia.

Cobalah menerapkan kedisiplinan dalam kehidupan dan Anda tidak akan pernah menyesal.
Bila kedisiplinan sudah menjadi bagian dari kesadaran atau budaya pribadi kita, berarti kita sudah membangun dasar yang kehidupan yang kuat sebagai seorang yang sukses dan selalu bersemangat.

Mulau dari diri sendiri, Mulai saat ini & Mulailah dari yang terkecil

Selamat mencoba…….…

Catatan Penting :

Beberapa Faktor Kesuksesan Jepang :
- Kemahiran mengelolah sumber yang terbatas
- Mengoptimalkan kapasitas yang ada
- Kemauan belajar dari orang lain
- Bekerja keras
- Disiplin

Rahasia Jepang menjadi Penguasa Ekonomi Nomor Satu Dunia :
- Kesungguhan
- Disiplin
- Kerja kerasSemangat ”Bushido” (gila kerja)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar